obornews facebook
obornews twitter
obornews rss
obornews mobile
TOPIK PILIHAN
WAWANCARA
Kamis, 24 Jan 2013 14:05 WIB
-
Marzuki: Ini Tugas dari Wakil Rakyat
Jakarta,ON: Ketua DPR Marzuki Ali mendatangi korban banjir Karawang, Jawa Barat. Menurut dia, sebagai wakil rakyat, sudah merupakan tanggungjawab untuk memikirkan rakyat yang sedang mengalami kesulitan.
-
Namun bukankah DPR tidak diberikan dan tidak mempunyai anggaran untuk penanggulangan bencana alam seperti banjir. Lantas dari mana kah dana untuk membantu korban banjir tersebut. Berikut petikan wawancara Ronald Tanamas dengan Ketua DPR Marzuki Alie disela-sela kunjungan korban banjir di Karawang, Jawa Barat;
 
Apa tujuan dari acara ini pak?
 
Kita ini menunjukan lembaga negara DPR RI, kalo cuma Jakarta saja maka seolah-olah DPRD DKI jadinya. Mangkanya kita kemarin ke Banten maka kita sekarang ke Jawa Barat dan kita mencari tempat yang memerlukan kedatangan kita.
 
Untuk jumlah yang akan di berikan itu berapa banyak ??
 
Yang pertama kita beri makan itu jelas lah, dan nasi itu sebanyak lebih dari 1000 bungkus lah, lalu kita kasih bingkisan seperti daerah lain yang kita juga berikan bingkisan yang di dalamnya berbagai macam seperti selimut atau sembako dll dgn sejumlah para korban banjir tersebut.
 
Awalnya kita komandannya dengan mengeluarkan uang pribadi lalu saat ini sudah ada donaturnya. Waktu itu memang biaya operasionalnya juga dari kita. Ya memang awal-awal dana itu dari dana pribadi karyawan DPR karena kan DPR tidak memiliki anggaran untuk bantuan korban bencana alam. Mangkanya pakai dana pribadi.
 
Soal dana pengajuan alokasi untuk korban bencana banjir itu dari Menkeu bagaimana bisa diajukan lagi ?
 
Nanti akan saya tanyakan lagi ke banggar, karena memang gara-gara banggar yang awalnya banggarnya mendukung Menkeu (untuk mencoret alokasi anggaran bencana alam) saya nggak tahu itu karena waktu itu banggar mengajukan (untuk mengalokasikan anggaran bantuan bencana alam) ke Menkeu, lalu Menkeu tidak setuju, tetapi itu malah didukung oleh babggar. Itu gak ngomong saya. Lalu kalau kondisi seperti ini apakah banggar mau kasih kita uang (utk bantu korban banjir) ?? Jadi ini saya mau panggil banggar.
 
Dalam kondisi seperti ini anggaran itu perlu dong. Kita ini lembaga sendiri dan rakyat taunya mana wakil kami. Dan teriaknya mana wakil kami bukan mana BNPB..
 
Soal 100 hari Jokowi bagaimana penilaiannya??
 
Saya kira sebagai Gubernur Jokowi sudah melakukan yang terbaik dengan 100 hari dia turun kelapangan. Dia memang harus tau kondisi lapangan. Sama seperti saya kalau saya sering keliling dan harus tau lingkungan saya panggil semua orang biar kita kenal. Jadi kita harus turun kelapangan biar tau informasi dll.
 
Tapi setelah 100 hari jangan blusukan terus, jadi harus sudah duduk di meja mendesain konsep untuk apa yang harus dikerjakan.
 
Dan memang secara periodik dia juga harus turun.


Ronald

BERITA TERKAIT

Senin, 09 Jun 2014 22:44 WIB
Prabowo Tuding Rendahnya Gaji Pegawai Penyebab Korupsi
Jakarta, ON : Kebocoran anggaran dan perilaku korup yang marak di institusi pemerintahan disebabkan oleh rendahnya ...
Senin, 09 Jun 2014 22:37 WIB
JK: Pemerintah Harus Bisa Berikan Kepastian Hukum
Jakarta, ON : Calon wapres RI, Jusuf Kalla, menyatakan bahwa kepastian hukum harus benar-benar ditegakkan bagi seluruh ...
Senin, 09 Jun 2014 22:32 WIB
Jokowi-JK: Mekanisme Pengawasan dan Pelaksanaan Pembangunan Masih Lemah
Jakarta, ON : Sesi kedua debat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai dengan pertanyaan bagi masing-masing ...
Senin, 09 Jun 2014 22:28 WIB
Jokowi: Demokrasi adalah Mendengar Suara Rakyat
Jakarta, ON : Joko Widodo (Jokowi) memiliki pemahaman tentang demokrasi yang cukup berbeda dengan yang disampaikan ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:14 WIB
Hari Ini, SBY akan Disambangi 2 Capres di Istana
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, hari ini dijadwalkan bertemu ...
Selasa, 13 Mei 2014 08:12 WIB
Hari Ini, SBY Dijadwalkan Bertemu Prabowo - Hatta
Jakarta, ON: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini pada pukul 17.00 WIB akan bertemu Ketua Dewan Pembina ...
Rabu, 07 Mei 2014 16:23 WIB
Pasien Terduga MERS-CoV di Medan Bertambah
Medan, ON : Pasien terduga Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang dirawat di Rumah Sakit Umum ...
Rabu, 07 Mei 2014 12:18 WIB
Antisipasi MERS-CoV, Bandara Juanda Pindahkan Terminal Umrah
Surabaya, ON : Pengelola Bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo akan memindahkan pelayanan penumpang jemaah umrah dari ...
Jumat, 25 Apr 2014 13:21 WIB
Mendagri Gamawan Fauzi Siap Diperiksa KPK
Jakarta, ON : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya diperiksa Komisi Pemberantasan ...
Rabu, 23 Apr 2014 19:55 WIB
KPK: Proyek e-KTP Rugikan Negara Lebih dari Rp 1 Triliun
Jakarta, ON : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi proyek paket ...
BERITA LAINNYA
Malang, ON : TNI AD akan membentuk satu divisi Kostrad di Papua. Langkah ini untuk menangkal aksi separatisme dan menjaga keamanan wilayah perbatasan.
Jakarta, ON : Pidato kemenangan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla dilakukan di Kapal Barang Phinisi dengan nama lambung "Hati Buana Setia", Selasa (22/7) malam. Kapal berwarna putih itu yang terbuat dari kayu itu bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.
Rabu, 23 Jul 2014 00:15 WIB

Korsleting, 4 Ruko Terbakar di Duren Sawit

Jakarta, ON : Kebakaran melanda sebanyak empat rumah toko (Ruko) di Jalan Wiajaya Kusuma, Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (22/7). Diduga, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB itu dipicu korsleting listrik dari saklar yang digunakan untuk pompa air di salah satu ruko yang digunakan usaha laundry.